Thomaschandra's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Samsung Galaxy Y touchscreen tidak responsif (hang/slow)

leave a comment »

Hari ini saya mendapati Samsung Galaxy Y CDMA saya yang sedang dicharger tiba-tiba tidak responsif. HP berbasis Android ini seakan-akan ngambek, touchscreen-nya tidak bergerak atau bergerak dengan sangat lambat, tombol-tombol juga tidak berfungsi.
Mengapa?
Apakah karena di-root?
Apakah karena overclock karena saya baru saja menginstall setCPU?

Saya mencoba me-restart HP ini.  Namun setelah restart, tetap saja HP tidak mau menuruti perintah melalui elusan jari-jari saya.
Saya coba cara terakhir, yaitu mencabut baterai.

Saya cabut HP ini dari chargernya dan saya bersiap membuka casing belakang penutup baterai.. but wait!  Setelah dicabut dari charger, Samsung Galaxy Young ini kembali normal!!!
Touchscreen berfungsi normal, tombol-tombol berfungsi normal.. semuanya setelah dicabut dari charger!
Saya tancapkan kembali chargernya.. dan problem itu kembali, this Sammy Young is non responsive again.

Saya mencharge HP ini tidak menggunakan charger asli namun saya menggunakan Universal Charger yang kebetulan memiliki connector sama dengan charger aslinya.

Ketika saya ganti charging menggunakan charger asli Samsung yang didapat saat pembelian ternyata tidak masalah. Layar sentuh tetap berfungsi baik, tombol-tombol juga berfungsi baik.

Jadi ternyata penyebabnya adalah karena saya menggunakan Universal Charger.

Travel ChargerSo, saya duga penyebabnya adalah arus pengisian yang lebih besar dari spesifikasi arus pengisian Samsung Galaxy Y.

Solusi : Gunakan charger asli Samsung sesuai spesifikasinya.

Written by thomaschandra

Februari 18, 2012 pada 10:37 am

Ditulis dalam Android, Samsung

Tagged with , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

