Thomaschandra's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Archive for Desember 26th, 2010

AWAS! FACEBOOK ANDA DI HACK! Bagaimana mencegah account facebook/yahoo/ anda dibajak

leave a comment »

:Jual pulsa ngga Joe?
:Nggak. Yg jual John. Pulsamu habis?
:Ya. Tolong transfer pulsa dong. Aku perlu banget. Nanti aku ganti
:Perlu brp?
:200rb aja
:Ok
:Kamu ada rek Mandiri? Bisa tlg transfer 2jt ke Mandiri? Aku perlu bayar orang sekarang aku ndak punya rek Mandiri. Rek BCA mu berapa?
Nanti aku transfer ke rek BCA mu.
:No rek mandirinya brp?
:001234567896 a/n Rudolf Yanto
:ok. Rek bcaku 468901234.
:Thanks ya.

Beberapa teman saya mengalami hal seperti itu. Account mereka dihack oleh hacker, kemudian account tersebut digunakan untuk menipu teman-teman korban yaitu pemilik account.

Saat ini marak terjadi pembajakan facebook/YM. Banyak sekali account yang dibajak dan digunakan untuk menipu.

Karena itu berhati-hatilah jika ada kawan yang meminta pulsa, transfer atau apapun juga. Jangan langsung ditransfer! Konfirmasi melalui TELEPON dulu.

Bagaimana supaya account anda tidak di hack?

    1. Segera ganti password anda.

    2. Jangan gunakan password yg sama untuk semua account.

    3.Jangan gunakan tanggal lahir anda/pasangan/anak atau tanggal anniversary dan informasi yang ada di profile page anda sebagai password. Misalnya di profile anda tertulis anda penggemar serial tv Heroes, hindari menggunakan password : heroes atau nama-nama tokohnya.

    4.Ganti password secara berkala..

    5.Gunakan kombinasi huruf angka dan tanda baca sebagai password. Contoh: 94rud4;P4nc4s!L4

    6.Pengguna Facebook: Jangan sembarangan menginstall facebook application (quiz/game). Jika diminta persetujuan oleh aplikasi untuk mengakses data pribadi, menulis di wall, dan data teman-teman anda, pikir dua kali. Jika anda siap menanggung resikonya, silakan klik Yes, jika tidak pilihlah NO!

    7. Pengguna Blackberry: Hati-hati dengan aplikasi-aplikasi yang didownload diluar Blackberry Application World karena ada kemungkinan program tersebut adalah program palsu yang mencuri account dan password anda.
    Saya mencurigai program Chat On Facebook yang beredar saat ini. Karena beberapa teman korbannya tertipu melalui Chat On Facebook.

Written by thomaschandra

Desember 26, 2010 at 4:07 am

Ditulis dalam Blackberry